Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga mebuat robot. TMC merupakan anggota dariGrup Toyota dan memproduksi mobil dengan merek Toyota Lexus dan Scion, memiliki sebagian besar saham dari Daihatsu danHino,dan memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.
Teknologi elektrik
Toyota adalah salah satu produsen otomotif dunia yang mengembangkan teknologi hibrida secara besar-besaran. Perusahaan ini memproduksi dan menjual mobil hibrida pertama secara komersial, seperti contohnya Toyota Prius. Selanjutnya, mereka juga menyediakan opsi hibrida pada mobil lainnya seperti Camry, dan kemudian juga untuk divisi Lexus. Di Toyota, teknologi hibrida mereka dinamakan "Hybrid Synergy Drive" sedangkan di Lexus menggunakan nama "Lexus Hybrid Drive."
Toyota Prius merupakan mobil hibrida terlaris di Amerika. Toyota sekarang memiliki 4 mobil hibrida di jajarannya: Prius, Auris, Highlander, dan Camry. Minivan Toyota Sienna juga direncanakan akan diluncurkan versi hibridanya tahun 2010. Pada tahun 2030, Toyota berencana untuk memproduksi semua jajaran mobilnya dengan opsi hibrida.
Toyota Agya
Toyota agya adalah mobil baru dari Toyota. Mobil ini dibandrol dengan harga yang cukup murah bagi konsumen Indonesia. Dengan harga murah dan teknologi yang ditawarkan mobil Toyota agya ini termasuk mobil yang laris di jual di Indonesia. Pertama kali diluncurkan mobil ini mampu terjual lebih dari 9000 unit mobil yang menyebar ke seluruh pelosok tanah air. Toyota agya menawarkan kenyamanan bagi siapapun yang mengendarai. Mobil ini berbentuk sedan namun tanpa bagasi dengan body ukuran mungil mampu melenggang lincah di jalanan Indonesia. Bentuk mobil ini mirip dengan beberapa rivalnya seperti Honda brio dan jazz namun dengan ukuran yang mungil.
Mobil toyota Agya hadir dengan mesin yang cukup modern dengan spesifikasi 3 Silinder sejajar yang mengawalinya, 12 katup yang melengkapi mesinnya. Selain itu hadir dengan DOHC/3 cylinder, 12 Valves, DOHC yang mampu menghasilkan daya maksimal 6000 rpm. Daya tersebut cukup untuk menghantarkan anda keliling perkotaan dengan puas karena mobil ini di desain sebagai city car/mobil perkotaan. Sedangkan torsi maksimum yang bisa dihasilkan mobil Toyota agya adalah sebesar 3600 rpm. Di dalam tangki bensinnya mobil ini bisa membuat bahan bakar sebanyak 33 liter.
Toyota Avanza
Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu, yang di pasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama "Avanza" berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti "peningkatan".
Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi pengaturan katup variabel VVT-i yang melengkapi semua versi (facelift). Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New Avanza S (1.5 S VVT-i) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15". Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.
Sementara perubahan model secara keseluruhan (full model change) dilakukan pada tahun 2011 yang menandai mulainya generasi kedua. Munculnya varian baru Veloz (berasal dari bahasa Inggris, Velocity yang artinya kecepatan) menjadi varian teratas (top of the line) juga menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya.
Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5 G dilengkapi dengan airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Meksiko. Sementara Daihatsu Xenia generasi pertama juga dijual di Republik Rakyat Tiongkok dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1.300 cc seperti Toyota Avanza.
Toyota New Rush

Toyota Rush dirilis karena kami sangat memahami karakter alam Indonesia yang eksotis dan sarat dengan kondisi jalan berkontur juga medan yang terkadang tidak selalu mlus, tentunya kebutuhan akan kendaraan yang tangguh dan handal untuk melewati kondisi tersebut sangat tinggi.
Toyota pun tanggap dengan situasi ini, dengan mengeluarkan All New Toyota Rushsebagai kendaraan yang relatif ramah dalam hal biaya namun handal dan tangguh untuk melewati segala jenis medan jalan.
Toyota Rush ialah Sport Utility Vehicle yang ditujukan bagi kalangan menengah yang menginginkan kendaraan serbaguna tangguh dan handal serta nyaman untuk dikendarai didalam maupun luar kota dengan tampilan elegan namun dengan harga yang relative terjangkau. Kendaraan ini sangat cocok bagi generasi muda maupun konsumen yang mempunyai jiwa muda serta semangat petualang dalam dirinya.
Sejak dihadirkan di tanah air pada Desember 2006 yang lalu dan melakukan penyegaran pada tahun 2009, kini geerasi terbaru dari Toyota Rush kembali hadir untuk memenuhi kebutuhan akan SUV yang berkualitas dengan harga bersahabat. Sama seperti produk berkualitas Toyota lainnya seperti Grand New Kijang Innova, All New Toyota Rush pun memiliki harga dan spesifikasi yang kompetitif namun handal, desain menawan serta mudah dan praktis dalam perawatannya.
All New Toyota Rush tampil lebih sporty dari segi desain exterior, Bodynya terkesan kokoh dengan garis membulat yang dinamis. Sentuhan chrome pada lis grill, logo, spion,handle pintu hingga knalpot mempertegas citra elegan padanya. Bumper depan menyatu dengan body terintegrasi dengan foglamp untuk memberikan penerangan yang lebih baik disaat malam hari maupun cuaca buruk.
Kabin dalam Toyota Rush terbaru terasa lega dan nyaman, terlebih kursi depan maupun belakang dapat digeser ke depan maupun belakang untuk memberika keleluasaan lebih. Kesan mewah tampak pada unsure logam yang menghiasi doortrim dan dashboard.
All New Toyota Rush menggunakan mesin 1,5 l IL4 16 silinder DOHC yang dilengkapi VVT-I untuk membuat daya mesin maksimal dengan konsumsi BBM minimal. Dilengkapi pula dengan ABS untuk system pengereman yang lebih presisi hingga menjamin keamanan penumpang. Selebihnya tentang detail spesifikasi Toyota Rush serta type yang tersdia, anda dapat Download Brosur Toyota Rush disini. Anda pun dapat memanfaatkan fasilitas kredit Toyota yang sesuai untuk anda dengan mengisi formsimulasi kredit toyota yang tersedia.
Toyota Yaris
Hadir dengan konsep baru yang lebih fresh dan menggemaskan Toyota mengemas mobil andalannya yaitu seri hatchback Toyota Yaris 2014 menjadi mobil yang diinginkan oleh kaum urban yang penuh dengan modernitas. Mobil sedan tanpa bagasi ini seakan menjawab kebutuhkan konsumen akan mobil dengan konsep sporty yang mempunyai fitur yang powerful dan dapat diandalkan. Toyota Yaris 2014 menghadirkan desain eksterior dan interior baru yang tentunya akan menambah kesempurnaan mobil ini dibanding versi sebelumnya. Pada momen yang spesial ini Semisena akan membagikan informasi harga Toyota Yaris 2014 ini untuk para pecinta mobil sporty dari Toyota. Yuk kita simak bersama-sama.
Toyota Yaris 2014 adalah generasi penerus terbaru dari varian mobil hatchback Toyota. Mobil ini hadir di Indonesia dengan membawa slogan Value Beyond Belief yang mengartikan bahwa mobil ini hadir dengan fitur dan konsep desain baru yang akan lebih memuaskan konsumen. Pada kesempatan sebelumnya kita juga sudah membahas kelebihan dan spesifikasi Toyota Yaris 2014ini. Pada kesempatan kali ini kita akan khusus membahas harga Toyota yaris 2014 yang terbaru. Desain yang lebih sporty dari sebelumnya tampaknya akan menjadi nilai jual utama dari mobil ini. Tidak hanya desainnya saja yang fresh, ukuran dari mobil hatchback ini pun dirubah. Toyota Yaris 2014 ini mempunyai dimensi yang lebih panjang namun tinggi akan lebih pendek dari varian sebelumnya. Hal ini untuk membuat pengendara menjadi lebih nyaman dan stabil saat menungganginya. Fitur-fitur baru yang canggih juga tidak luput dari perhatian Toyota untuk ditambahkan pada si mobil hatchback ini. Lalu berapakah harga mobil Toyota Yaris 2014 terbaru?
Toyota New Fortuner



Toyota Fortuner adalah sebuah mobil yang handal asal dari pabrikan Jepang. Kehandalan dari mobil Toyota Fortuner ini pun sudah diakui oleh dunia dengan berbagai macam penghargaan yang telah ia terima.
Mesin Toyota Fortuner bertipe 2 TR Fe yang mempunyai kapasitas sebesar 2500 cc serta mempunyai silinder sejumlah 4 dan juga dilengkapi 2 teknologi mutakhir, yakni VN Tubo Intercooler dan DOHC 16 Valve. Dengan kombinasi mesin tersebut, mobil Toyota Fortuner tercatat mempunyai daya atau power maksimum sebesar 144 ps dengan perputaran mesinnya 3400 rpm. Dan tercatat untuk torsi maksimumnya adalah 35 kgm pada perputaran mesin 1600-2800 rpm.
Toyota Fortuner juga dilengkapi dengan teknologi Common Rail untuk sistem pembakarannya. Hal ini menyebabkan penggunaan bahan bakar pada mobil ini menjadi lebih irit. Melihat dari dimensinya yaitu 4. 705 x 1. 850 x 1. 840 mm dengan jarak yang paling rendah dari tanah adalah 2. 750 mm, maka dapat disimpulkan bahwa mobil Toyota Fortuner ini cukup tinggi dan juga gemuk. Teknologi Double Whisbone juga sudah diterapkan untuk suspensi bagian depan mobil ini. Sedangkan suspensi bagian belakang menggunakan Teknologi 4-Link Lateral Rod.
Toyota Kijang Innova
Harga Kijang Innova 2014 – Mobil MPV untuk keluarga Indonesia ini memang ahlinya untuk membuat perjalanan menjadi terasanya nyaman dan menyenangkan. Dia adalah Toyota Innova yang didedikasikan khusus untuk mobil keluarga. Kijang Innova ini menawarkan berbagai fitur menarik yang dibutuhkan untuk sebuah mobil MPV masa kini. Dengan desain yang eksklusif dan sporty akan membuat mobil ini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Mobil MPV ini juga mempunyai dimensi yang cukup lebar sehingga akan membuat penumpangnya terasa nyaman saat di dalamnya.
Sehingga kita mengetahui lebih dalam tentang mobil ini. Kijang Innova adalah merupakan transformasi dari mobil Toyota kijang yang cukup popular di Indonesia pada tahun 1990an. Kemudian pada tahun 2003 Mobil Kijang bertransformasi menjadi Toyota Innova yang lebih agresif, modern, dan bergaya sporty. Pabrikan Jepang ini tampaknya konsisten untuk terus memproduksi varian terbaru dari Kijang Innova ini hingga tahun 2014. Varian terbarunya sudah dilengkapi berbagai fitur yang mumpuni untuk menemani perjalanan anda. Lalu berapa harga Toyota Innova 2014 yang terbaru?

Untuk harga Kijang Innova 2014 sendiri beragam, karena mobil ini mempunyai beberapa varian yang di pasarkan untuk keluarga Indonesia. Variannya sendiri terdiri dari Toyota Innova tipe G,V,J,E,G, dan Luxury. Masing-masing varian memberikan kelengkapan fitur yang berbeda. Untuk varian terendah atau termurah sendiri adalah tipe J yang dibandrol dengan harga Rp 221.850.000,- yang hanya dilengkapi dengan Blower AC, Wiper belakang, vinil seat cover, dual airbags, dll. Sedangkan untuk tipe dengan harga yang paling fantastis sendiri adalah tipe V automatic transmissions yang harganya mencapai Rp 327.850.000,-. Tentunya varian yang satu ini mempunyai fitur yang paling lengkap dibandingkan dengan varian yang ada di bawahnya. Seperti adanya kamera parkir, captain seat, dan lux emblem yang tidak terdapat pada kijang Innova varian lainnya.
Toyota Alphard Vellfire
Generasi Pertama (2002—2007)
Alphard G dan Alphard V dipasarkan melalui dealer yang berbeda. Baik V maupun G memiliki berbagai variant yang berbeda. Mesin yang digunakan Alphard adalah 2400 cc 2AZ-FE 4 silinder (tenaga 160 PS, torsi 195 Nm) atau 3000 cc V6 1MZ-FE (tenaga 220 PS, torsi 310 Nm). Alphard ada yang berpenggerak roda depan dan Full-time 4WD. Meskipun secara resmi hanya dipasarkan di Jepang, Alphard banyak masuk ke Indonesia, terutama di kota-kota besar sepertiJakarta dan Surabaya melalui importir umum.
Generasi Kedua (2008—kini)
ulai tahun 2008, Toyota Alphard resmi dijual di Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor dengan mesin 2400 cc 2AZ-FE (tenaga 170 PS, torsi 235 Nm) dan 3500 cc 2GR-FE (tenaga 280 PS, torsi 330 Nm). Selain model resmi yang dijual oleh Astra, di Indonesia juga tersedia Alphard versi lain yang dijual oleh importir umum, serta Vellfire yang memiliki lampu depan dan belakang serta grille yang berbeda dan desainnya lebih mengarah kepada generasi muda.
Dimensi dan bobot:
- Panjang: 4.890 mm
- Lebar: 1.830 mm
- Tinggi: 1.915 mm
- Jarak sumbu roda: 2.915 mm
- Bobot: 1815 kg
Mesin:
- ≥2AZ-FE 2.400 cc 4 silinder 16 valve VVT-i 170 PS 235 Nm
- ≥2GR-FE 3.500 cc V6 24 valve 280 PS 330 Nm
Transmisi
- ≥6 speed automatic super ECT
- ≥7 speed automatic super CVT
Penggerak
- ≥FWD
- ≥4WD
Strategi Penjualan atau Memasarkan produk toyota
Toyota, sebuah merek mobil yang bukan baru lagi tapi tetap melekat dihati semua orang. Toyota bukan hanya mampu bersaing dengan merek mobil lainnya namun beberapa produk dari Toyota ini selalu menjadi pilihan banyak orang.
Toyota Fortuner, bagaimana bisa mobil tangguh ini sekarang menjadi impian banyak orang?
Tentu saja Toyota memiliki strategi khusus dalam penjualannya, demikian juga dengan strategi penjualan mobil Toyota Innova. Innova sampai saat ini masih bisa kita jumpai bahkan banyak orang yang menggunakan mobil ini sekalipun banyak merek terkenal lainnya yang dikeluarkan.
Innova ini merupakan jenis kijang generasi kelima yang dikeluarkan Toyota dengan desain yang lebih luas sehingga bias menampung banyak orang.
Toyota Fortuner, bagaimana bisa mobil tangguh ini sekarang menjadi impian banyak orang?
Tentu saja Toyota memiliki strategi khusus dalam penjualannya, demikian juga dengan strategi penjualan mobil Toyota Innova. Innova sampai saat ini masih bisa kita jumpai bahkan banyak orang yang menggunakan mobil ini sekalipun banyak merek terkenal lainnya yang dikeluarkan.
Innova ini merupakan jenis kijang generasi kelima yang dikeluarkan Toyota dengan desain yang lebih luas sehingga bias menampung banyak orang.
Strategi penjualan mobil Toyota Innova ini tak lepas dari ketertarikan konsumen terhadap beberapa spesifikasi maupun mesin mobil yang mengedepankan inovasi dan kebutuhan konsumennya.
Nama besar Toyota sebagai merek mobil unggulan dan berkelas internasional ini, menjadikan kijang Innova juga masuk kedalam jajaran mobil berkelas.
Mesin dan desain yang luar biasa mampu memberikan kepuasan lebih pada pemakainya. Kalau kita lihat sebagian besar pemakai mobil ini adalah kalangan yang sudah berkeluarga.
Mereka memilih Toyota Innova karena desainnya yang luas dan bisa menampung banyak orang. Pada tahun lalu saja mobil Innova mampu terjual hampir lima puluh ribu unit. Luar biasa, padahal tahun kemarin banyak mobil merek terbaru dan dengan model terbaru dikeluarkan. Innova tetap terjual dengan mudah.
Kalau anda penasaran dengan strategi penjualan mobil Toyota Innova, saya pun juga sangat penasaran bahkan jika saya memiliki bisnis, saya ingin seperti Innova.
Nama besar Toyota sebagai merek mobil unggulan dan berkelas internasional ini, menjadikan kijang Innova juga masuk kedalam jajaran mobil berkelas.
Mesin dan desain yang luar biasa mampu memberikan kepuasan lebih pada pemakainya. Kalau kita lihat sebagian besar pemakai mobil ini adalah kalangan yang sudah berkeluarga.
Mereka memilih Toyota Innova karena desainnya yang luas dan bisa menampung banyak orang. Pada tahun lalu saja mobil Innova mampu terjual hampir lima puluh ribu unit. Luar biasa, padahal tahun kemarin banyak mobil merek terbaru dan dengan model terbaru dikeluarkan. Innova tetap terjual dengan mudah.
Kalau anda penasaran dengan strategi penjualan mobil Toyota Innova, saya pun juga sangat penasaran bahkan jika saya memiliki bisnis, saya ingin seperti Innova.
Sekalipun banyak saingan namun tetap bisa eksis sampai sekarang. Yang menjadi strategi penjualan mobil Toyota Innova pertama adalah keawetan mesinnya. Kita kenal bahwa Toyota adalah salah satu merek mobil yang mesinya bandel dengan teknologi yang dipakai tidak ketinggalan zaman.
Hal ini menjadikan mesin Innova tidak mudah rewel dalam medan apapun. Sekarang Kijang Innova menggunakan mesin VVTI yang lebih canggih dan setara dengan mobil keluaran terbaru lainnya yang modern. Jadi, dengan mesin ini Innova lebih handal dan lebih tangguh. Kehandalan mesin mobil ini juga telah diuji sehingga konsumen tidak akan kecewa.
Memang selain Innova, Toyota juga mengeluarkan mobil lain yang tak kalah hebat seperti Fortuner misalnya. Mobil ini memang lebih mahal dan lebih keren jika dibandingkan dengan model mobil keluaran Toyota lainnya.
Tapi, daya beli masyarakat tidaklah sama, harga Fortuner jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Innova.
Karena itulah Innova tetap menjadi pilihan masyarakat yang menginginkan harga mobil standart tidak mahal dan juga tidak begitu murah. Harga jual mobil ini juga stabil sehingga bagi pemilik Innova yang ingin menjual kembali mobilnya, harganya tidak terlalu anjlok sehingga anda tidak mengalami kerugian yang begitu besar.
Hal ini menjadikan mesin Innova tidak mudah rewel dalam medan apapun. Sekarang Kijang Innova menggunakan mesin VVTI yang lebih canggih dan setara dengan mobil keluaran terbaru lainnya yang modern. Jadi, dengan mesin ini Innova lebih handal dan lebih tangguh. Kehandalan mesin mobil ini juga telah diuji sehingga konsumen tidak akan kecewa.
Memang selain Innova, Toyota juga mengeluarkan mobil lain yang tak kalah hebat seperti Fortuner misalnya. Mobil ini memang lebih mahal dan lebih keren jika dibandingkan dengan model mobil keluaran Toyota lainnya.
Tapi, daya beli masyarakat tidaklah sama, harga Fortuner jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Innova.
Karena itulah Innova tetap menjadi pilihan masyarakat yang menginginkan harga mobil standart tidak mahal dan juga tidak begitu murah. Harga jual mobil ini juga stabil sehingga bagi pemilik Innova yang ingin menjual kembali mobilnya, harganya tidak terlalu anjlok sehingga anda tidak mengalami kerugian yang begitu besar.
Strategi penjualan mobil Toyota Innova juga didukung dengan promosi pada media cetak maupun elektronik. Di televisi kita bisa melihat iklan mobil ini yang sangat jelas menggambarkan betapa tangguh dan elegant mobil keluarga ini.
Dengan pengiklanan yang tak henti-henti masyarakat akan lebih mengenal sosok Toyota Kijang Innova tersebut. Jika mobil lainnya juga berpromosi Innova pun tak kalah pandainya dalam mencuri hati konsumen. Inovasi dan perbaikan mutu baik desain maupun mesin membuat mobil keluarga ini layak diacungi jempol baik dari segi kwalitas maupun desain yang sangat dinamis.
Dengan pengiklanan yang tak henti-henti masyarakat akan lebih mengenal sosok Toyota Kijang Innova tersebut. Jika mobil lainnya juga berpromosi Innova pun tak kalah pandainya dalam mencuri hati konsumen. Inovasi dan perbaikan mutu baik desain maupun mesin membuat mobil keluarga ini layak diacungi jempol baik dari segi kwalitas maupun desain yang sangat dinamis.
Kalau dilihat dari sisi produk itu sendiri, mobil Avanza ini memang sangat pas dengan kebutuhan para keluarga di Indonesia yang menyukai mobil dengan kapasitas penumpangan yang banyak. Toyota Avanza memang didesain untuk mampu memuat tuju orang penumpang, dengan tiga baris kursi. Yang mengejutkan adalah, bahkan untuk barus jok paling belakangnya, tergolong cukup longgar sehingga penumpang belakang pun bisa duduk dengan nyaman. Bahkan kelonggaran jok belakang Avanza ini masih lebih baik dibanding Toyota Kijang Innova.
Selain itu mobil Avanza ini menggunakan mesin dengan cc yang relatif kecil yakni 1300 cc (dan juga 1500 cc) sehingga konsumsi BBM juga cenderung menjadi lebih irit. Dilihat dari desainnya, mobil Avanza ini juga memiliki bentuk yang cukup menarik. Desainnya elegan dan cukup keren untuk sebuah SUV mini.
Dan yang paling penting memang kisaran harganya yang relatif terjangkau. Mobil di Indonesia yang paling laris memang mobil dengan harga 100 – 150 jutaan kebawah. Inilah memang level yang bisa dijangkau oleh kebanyakan konsumen mobil di Indonesia. Dulu ketika pertama kali diperkenalkan, harga Avanza tipe G sekitar 100 juta; sehingga menjadi produk yang laris manis seperti kacang goreng.
Kini sejalan dengan waktu, harga toyota Avanza memang terus meningkat. Terakhir untuk yang tipe G harganya sudah mencapai sekitar 145 jutaan. Atau naik cukup signifikan dibanding harga empat tahun lalu. Hal ini mungkin karena mesinnya sudah menggunakan teknologi yang lebih modern, yakni mesin VVTI.
Meski harga sudah relatif mahal, mobil Toyota Avanza ini terus diburu oleh para konsumen Indonesia. Sebab harga jual kembali (resale value) Toyota Avanza ini memang sangat bagus. Bahkan adakalanya pembeli bisa meraih keuntungan ketika mereka menjual kembali mobil Avanza ini.
Strategy # 1 : First Mover. Dalam pasar mobil di tanah air yang mulai tumbuh pesat di tahun 70-an, maka Toyota adalah brand yang termasuk first mover (sejalan dengan laju investasi PMA Jepang ke Indonesia saat Order Baru mulai berkuasa).Dengan posisi sebagai first mover, maka brand Toyota menjadi lebih awal dalam menancapkan image kuat di kalangan konsumen Indonesia. Kelak di kemudian hari, keuntungan ini menjadi pilar Toyota dalam mendominasi pasar mobil tanah air.
Sebaliknya, di pasar China dan Eropa, Toyota bukan sebagai First Mover (namun Late Follower). Akibatnya, penjualan mobil Toyota di dua negara itu agak jauh tertinggal dibanding merk lainnya seperti Volkswagen (market leader di Eropa dan China).
Strategy # 2 : Quality and Reliability. Keunggulan utama Toyota sebenarnya lebih terletak pada sisi keandalan mesin-mesin mobilnya. Lebih awet dan tahan lama. Berbagai survei dunia mengenai keandalan mutu mobil menunjukkan merek Toyota hampir selalu berada di peringkat no. 1.
Sebaliknya, dari sisi desain, pengamat otomotif sejatinya lebih mengakui keunggulan Honda. Desain Honda Freed misalnya, tampak lebih manis dibanding Innova. Pun demikian, desain Honda Jazz lebih futuristik dibanding Yaris.
Kalau saja Honda mengeluarkan model sekelas Avanza (small MPV), mungkin desainnya akan lebih manis. Dan dengan itu, Honda bisa ikut merebut pangsa Avanza yang seolah tidak pernah mendapat lawan tangguh (sebelum akhirnya Suzuki Ertiga dan kini Chevy Spin masuk dengan kisaran harga yang sama dengan Avanza).
Strategy # 3 : Focus on Customers’ Need. Projek Innova dan Avanza pada akhirnya merupakan dua ikon utama yang terus melestarikan legenda Toyota. Dua merek itu, terutama Avanza, dibangun dengan fokus pada kebutuhan konsumen mobil tanah air : muat banyak penumpang dan dengan harga yang lumayan terjangkau.
Inovasi Avanza juga lahir persis berimpitan dengan ledakan kemakmuran middle class di tanah air. Hasilnya jadi fenomenal : seperti yang terlihat pada data diatas, angka penjualan Avanza sangat fantastis.
Mungkin kreator Avanza-nya hebat juga : bisa memprediksi dengan akurat akan terjadinya
ledakan kemakmuran di tanah air (Pebisnis ulung memang bisa menangkap peluang dengan perbuatan nyata. Bukan dengan hanya menonton bengong).
Demikianlah, tiga pilar strategi yang melentingkan kejayaan Toyota dalam bisnis mobil di Indonesia. Legenda Toyota mungkin masih akan bertahan dengan lama (mereka tidak akan mengulangi kesalahan Sony dan Sharp yang dilibas oleh Samsung)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar